Ketahui Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Pribadi Sehat Yang Bahagia

Tips mendidik anak usia three tahun yang pertama adalah dengan cara mengajarkan si Kecil untuk mengendalikan emosinya. Memasuki usia 3 tahun si Kecil sudah bisa mengekspresikan apa yang ia rasakan dan terkadang si Kecil akan mengeluarkan ledakan emosi yang lebih dikenal dengan nama tantrum. Mama tidak perlu khawatir karena tantrum adalah sebuah hal yang normal dalam tahap perkembangan si Kecil. Seorang konselor bernama Erin Leyba, LCSW, Ph.D. mengatakan, orangtua bisa saja menganggap anak mereka nakal.

Cara agar anak patuh

Lantas benarkan cara tersebut dianggap sebagai solusi terbaik dalam menghadapi anak yang nakal? Ampuhkah dengan menggunakan jalan kekerasan mampu mendisiplinkan dan membuat anak yang nakal menjadi penurut dan patuh? Pada usia anak-anak memiliki rasa ingin tahu dan kita sebagai orang tua harus menjawab dan menjelaskan yang mudah dipahami. Jika kita tidak tahu jangan berbohong dan hindari mengatakan “tidak tahu“. Jika buah hati termasuk anak yang tidak suka bertanya, maka kita harus memberi umpan dengan penjelasan tanpa ditanya. Di lain pihak, memberikan predikat nakal pada si kecil justru akan membuatnya semakin percaya kalau sebenarnya ia adalah anak yang nakal dan semakin memotivasinya untuk melakukan kenakalan.

Namun tak bisa dipungkiri, tingkah anak-anak terkadang sungguh di luar harapan. Kadang menurut dan manis, di lain waktu anak bertingkah jahil, nakal, tidak sopan, dan tidak menghormati orang lain. Terkadang, sikap mereka seperti disengaja memancing amarah orang tua. Terkadang aturan yang dibuat dalam keluarga hanya dibuat dari pihak orang tua, karena mereka merasa benar, tetapi tidak mempertimbangankan pendapat anak. Dengan menerapkan aturan yang demokratis, logis dan didasari pada alasan – alasan yang dapat dipertanggungjawabkan, maka anak akan menerima dan mematuhi aturan dengan rasa hormat.

Ajarkan dan ingatkan anak Anda untuk selalu memiliki rasa tanggung jawab terhadap dirinya. Misalnya jika telah tiba waktunya untuk sekolah, ia harus berangkat. Teori sindrom anak tunggal meyakini bahwa anak tunggal dimanja karena terbiasa mendapatkan apapun yang diinginkan dari orang tua. Dari banyaknya pilihan mal, biasanya sebagian orang memilih mal yang besar, berada di pusat kota atau mal yang cukup hits di ibukota. Selain waktu tempuh lebih singkat, kita juga bisa lebih strategis mengatur lamanya waktu berada di luar rumah.

Selain berbohong, orang tua juga biasanya kerap menakut-nakuti anak agar anaknya mau menurut dengan segera. Ini adalah perilaku orang tua yang keliru karena selain bisa menjadi semacam trauma saat ia dewasa, hal ini juga mengakibatkan anak menjadi tidak mandiri sehingga dapat mengurung kreatifitasnya. Ketika anak Anda nakal dan bandel, maka Anda sebagai orang tua janganlah sekali-kali memberikan label yang buruk pada mereka. Nah, berikut suggestions cara mendidik anak yang nakal, bandel dan susah diatur. Contoh-contoh ketidakjujuran ini sebenarnya dilakukan oleh orang tua dengan maksud baik, agar anak menuruti perintah orang tua dan orang tua lebih mudah menghadapi anaknya.

Pengguna kendaraan pun banyak juga ragamnya, dari anak – anak sekolah sampai yang bekerja.Dan para pengguna kendaraan harus mengikuti peraturan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Patuh lalu lintas jalan dengan baik dan benar itu tidak sulit, kalau kita tidak tahu bagaimana cara penerapan yang baik dan benar. Tapi kenapa masih banyak juga kita sebagai pengendara melalaikan tata tertib lalu lintas ini?. Terkadang orangtua lupa bahwa mereka pun sebenarnya pernah ingkar janji entah pada lingkungan atau anak-anak mereka sendiri. Dari semua teori cara mendidik anak, intropeksi diri atau bercermin diri seringkali menjadi hal yang terabaikan. Terkadang anak-anak memiliki masalah kesehatan mental mendasar dan berkontribusi pada masalah perilaku.

Sebelum sikecil mulai menjalani hari-hari di sekolah, mengajaknya untuk ikut rutinitas pagi Anda adalah cara awal bantu anak patuh. Saat Anda bangun pagi, ajak juga dia untuk bangun, mandi dan sarapan bersama. Atau jika dia punya kakak yang sudah bersekolah, memperlihatkan bagaimana sang kakak bersiap sekolah dan melibatkannya juga bisa membangun dasar disiplin yang kuat. Ini akan membantu anak lebih mudah menjalani rutinitas barunya di sekolah nanti. Orang tua harus membantu anak-anak dalam mempersiapkan diri mereka untuk menjalani masa depannya.

Support tak hanya dapat ditunjukan lewat ucapan atau penyemangat saja. Berikan mereka hadiah sebagai salah satu cara untuk menunjukan rasa sayang orangtua terhadap anak. Dengan hadiah kecil pun, itu akan menunjukan kepedulian dan rasa empati.