Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid

Aktivitas pendidikan selama pandemi harus mengutamakan keselamatan dan kesehatan pendidik dan peserta didik. Sementara itu, pembelajaran jarak jauh luring dilakukan dengan memanfaatkan buku, modul, maupun bahan ajar di sekitar tempat tinggal. Aktivitas pendidikan dapat berlangsung menggunakan media televisi nasional maupun lokalnya, misalnya lewat program BDR dari TVRI dan TV Edukasi. Para tenaga pendidik dan peserta didik dipersilakan memakai media sosial termasuk Instagram, YouTube, maupun WhatsApp untuk fasilitas aktivitas belajar-mengajar. Seperti halnya pembelajaran, perlu alokasi waktu dan tempat untuk beristirahat.

Anak bisa dilibatkan kegiatan rumah tangga, sambil dilibatkan nilai-nilai dan keterampilan praktis di rumah,” tuturnya. Cobalah untuk memecah informasi menjadi potongan kecil atau teka teki yang mudah dicerna oleh murid. Pajang hasil karya terbaik anak untuk dinikmati seluruh anggota keluarga. Baik Dody maupun Very berharap, meskipun pembelajaran dilakukan secara daring, sebaiknya tetap berolah raga yang dapat dilakukan di rumah, misalnya badminton maupun senam aerobik. Posisi duduk anak sangat mempengaruhi pertumbuhan dan pembentukan tulang.

Jangan sampai gairahnya terhadap hal-hal favoritnya surut begitu saja. Meski belajar dari rumah, Anda perlu merangsang keterampilannya melalui aktivitas membuat karya. Anda bisa membuat prakarya sederhana, seperti membuat boneka tangan, membuat kipas, merajut, hingga menganyam. Meski Anda juga harus direpotkan dengan bekerja dari rumah, tidak ada salahnya longgarkan waktu untuk melakukan aktivitas selingan bersama anak seusai jam belajar.

Cara agar anak tidak bosan sekolah online

Walau bisa melindungi anak dari virus Corona, sekolah on-line juga berpotensi menimbulkan dampak negatif, lho, Bun. Penting bagi orang tua untuk meluangkan waktu dalam menemani belajar anak. Anda dapat memulai sesi belajar yang lebih singkat dan secara progresif lebih lama. Jika target waktu belajar antara 30 atau forty menit, Anda dapat memulai dengan 10 menit kemudian membangun semangat dari waktu itu.

Dengan menggunakan media pembelajaran pemahaman siswa lebih realistis atau nyata tidak hanya sebatas teori dan konsep saja. Berada di rumah dan tidak sekolah, bukan berarti anak bisa bemalas-malasan. Ingatkan anak untuk tetap belajar agar tidak tertinggal dari teman-temannya. Kamu bisa mulai dengan menyusun jadwal kegiatan anak mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali. Tentukan kapan waktu anak dapat bermain serta waktu di mana anak harus belajar dan dan mengerjakan tugas yang ada. Jangan lupa beri tahu anak untuk disiplin mengikuti jadwal tersebut.

Hal ini akan menjadikan siswa menjadi lebih aktif dan berperan penting dalam pembelajaran. Semua penilaian dan laporan hasil belajar akan dinilai secara otomatis oleh sistem berdasarkan aktivitas wajib atau asesmen yang dikerjakan oleh anak. Sesuai dengan mannequin pembelajaran kami yang blended learning, pembelajaran akan tetap luring dan daring. Selain menambah wawasan dan sebagai penilaian, juga memiliki tujuan untuk meningkatkan soft skill komunikasi dan kreativitas anak. Mengetahui pertanyaan yang harus diajukan, mampu mencari dan mengolah informasi yang berguna dan relevan.

Sebagian besar telepon, laptop, dan perangkat seluler lainnya dilengkapi teknologi yang mampu mendukung proses belajar on-line anak. Sebagai contoh, kini tersedia platform desain pendidikan yang dilengkapi berbagai fitur canggih untuk membantu pengerjaan tugas sekolah. Kemudian platform video seperti YouTube, dapat menyesuaikan pengaturan untuk memperlambat kecepatan pemutaran jika anak kesulitan memahami materi.