Pemerintah Intensifkan Pelaksanaan Vaksinasi Bagi Lansia

Walkot Jakut Ali Maulana Hakim memastikan antrean vaksinasi untuk masyarakat golongan lansia aman terkendali. Sebanyak 250 Lansia di Kramat Jati mengikuti vaksinasi tahap pertama di SMP 281 Jakarta Timur. Kelurahan Sunter Agung berkolaborasi dengan Puskesmas Tanjung Priok terus melakukan pelayanan vaksin bagi masyarakat lansia yang dilakukan di SMA Negeri 41. Penyakit ini banyak ditemukan pada mereka yang tinggal di panti jompo atau tempat penampungan, dan lansia dengan penyakit kronis.

Sedangkan cara yang ketiga adalah merawat isolasi dan mengkarantina kontak-kontak erat. Ditegaskan Gito, dibutuhkan kesadaran bagi masyarakat untuk melakukan karantina bagi orang-orang yang berhubungan dengan penderita COVID-19. Gito mengungkapkan untuk mencapai herd immunity, vaksinasi harus dilakukan minimal pada 70 persen jumlah penduduk di Indonesia. Adapun untuk goal jumlah lansia di Jatim yang divaksin, seperti diungkapkan Gito, sebanyak 2.551.433 orang. Para tenaga medis pun mendapat prioritas untuk divaksinasi terlebih dahulu.

Selanjutnya, petugas akan verifikasi data penerima vaksin melalui aplikasi atau secara manual. Menurut Avy, antrean disebabkan karena masyarakat lanjut usia tersebut belum paham cara mendaftar vaksinasi secara online sehingga terjadi antrean yang mengular. Penduduk lanjut usia itu langsung mendatangi RSUD Kembangan dengan membawa KTP untuk mendaftar program vaksinasi Covid-19. Sudinkes Pemkot Jakarta Utara sudah mulai melakukan program vaksinasi untuk lanjut usia . Untuk pendaftaran lansia ada dua mekanisme, Pertama melalui web site , di bagian pengumuman bisa langsung melakukan pendaftaran. Kedua vaksinasi tersebut idealnya dilakukan kepada setiap orang dewasa sejak usia lebih dari 18 tahun.

Istirahat cukup ini disebut Miftah juga harus diterapkan saat antre untuk mendapatkan vaksin. Daftar melalui Isi data dengan pilih lokasi tinggal dan jawab pertanyaan. Wajib membawa bukti e-voucher agar dapat diperkenankan masuk ke space Sentra Vaksinasi Bersama BUMN. Jika terdapat tiga atau lebih jawaban “ya” untuk pertanyaan tersebut maka vaksin tidak dapat diberikan. “Jadi sudah diatur, integrasi datanya Insyaallah semakin hari semakin baik,” ucap Riza.

Kesadaran masyarakat dan peran aktif lembaga–lembaga swadaya masyarakat, tokoh-tokoh masyarakat, dan para relawan sangat diperlukan,” tutur Menko Airlangga di Jakarta, Kamis (22/4/2021). Mari kita daftarkan Keluarga yang berusia 60 tahun ke atas untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. “Pada saatnya semua akan divaksin. Namun karena saat ini vaksinnya masih terbatas, maka perlu pengaturan dengan memberlakukan skala prioritas sesuai ketentuan dari pemerintah pusat,” ucapnya.

Pendaftaran dengan metode kedua yaitu vaksinasi massal yang dilakukan organisasi atau institusi yang bekerja sama dengan Kemenkes ataupun Dinkes Provinsi maupun Kabupaten/Kota. JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa kecepatan pelaksanaan vaksinasi terus ditingkatkan untuk mencapai target 500.000 dosis per hari. “Jika memang kelompok lansia ini dirasa perlu untuk segera mendapatkan vaksinasi, nanti akan coba kami atur dari ketersediaan vaksinnya,” katanya.

Vaksinasi bagi Lansia

Tujuan vaksinasi untuk membentuk imunitas dalam tubuh, sehingga bisa mengenali dan melawan virus yang masuk. Kondisi berbeda, kata perempuan yang memiliki gelar dokter gigi ini, terjadi pada hari pertama vaksinasi dimulai. Dalam video tersebut, masyarakat lanjut usia yang hendak divaksin terlihat mengantre hingga di luar space rumah sakit.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, Herwin Meifendi mengatakan, sosialisasi dilakukan meliputi mekanisme pendaftaran hingga teknis pelaksanaan vaksinasi. Setelah vaksinasi, lansia harus menunggu kurang lebih 30 menit untuk observasi. Jika tidak ada keluhan, lansia akan diberikan kartu vaksin dan dalam 28 hari akan kembali mendapatkan jadwal vaksinasi. Lansia yang berumur 60 tahun dan diatas 60 tahun dapat mendaftarkan diri untuk vaksinasi.

Di sisi lain, capaian vaksinasi lansia di wilayah lainnya masih lebih rendah dibandingkan dengan vaksinasi bagi petugas publik, antara lain Bali (26%), Yogyakarta (19%), dan Sulawesi Utara (6%). Kegiatan vaksinasi 10.000 lansiadiharapkan dapat menjangkau masyarakat lansia di wilayah dengan capaian vaksinasi yang rendah. Data dari Kemenkes hingga Senin (22/2/2021) pukul 10.forty five WIB, jumlah sasaran vaksinasi Sumber Daya Manusia Kesehatan tercatat sebanyak 1.531.907 orang. Sementara itu, whole sasaran vaksinasi di Indonesia secara keseluruhan berjumlah 181.554.465 orang. Khusus untuk lansia, pemerintah secara keseluruhan menargetkan sebanyak 21,5 juta orang yang akan disuntik vaksin Covid-19. “Kami di NU sudah mengadakan survei dengan LSI di 2017, ada sekitar 9 jutaan anggota NU yang lansia.

Iris mengingatkan, mereka yang belum divaksinasi atau yang telah mendapatkannya tetap menjalankan protokol kesehatan 5M yakni mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Vaksin terbuat dari mikroba penyebab penyakit (termasuk virus, jamur, racun, atau bakteri; tergantung dari jenis penyakit) yang lemah atau mati sehingga tidak akan menyebabkan penyakit. Sebagian penderita herpes mengalami gejala yang disebut neuralgia pasca-herpes . Kondisi ini ditandai dengan nyeri parah yang berlangsung lama meskipun lesi sudah sembuh. Vaksin ini bertujuan untuk mencegah penyakit influenza dan komplikasinya. Penyakit influenza itu sendiri berbeda dengan flu yang dikenal pada umumnya.