Mengapa Orangtua Perlu Mendengarkan Anak?

TEMANGGUNG, iNews.id – Kasus penemuan jenazah bocah tujuh tahun di Dusun Paponan, Desa Bejen, Kabupaten Temanggung, yang disimpan selama empat bulan di kamar, menggegerkan warga dan menimbulkan keprihatinan. Korban berinisial ALH dibunuh oleh kedua orang tuanya dibantu dukun. “Agar orang lain pulih dari sakit hati mereka, atasi masalah dan akui tindakanmu tidak benar. Titiberatkan pada peranmu dalam kesalahan itu,” tutup Diane Gottsman, pakar etiket sekaligus pendiri Protocol School of Texas. Tati mengatakan, para manula terutama yang dirawat di rumah-rumah jompo cenderung tak memiliki uang lebih untuk memenuhi kebutuhan hiburan mereka.

Cara agar anak mau mendengarkan kata orang tua

Selain itu, tunjukkan minat pada apa yang mereka jelaskan dan dengarkan sudut pandang mereka, meskipun sulit untuk dipahami. Selain itu, hindari mengendalikan semua situasi yang mereka alami. Cara terbaik untuk membantu anak-anak Anda yang berkonflik adalah dengan membiarkan mereka merenung. Saat berkomunikasi dengan anak Anda, Anda tidak boleh memaksakan diri atau memberikan pendapat yang berpikiran tertutup. , ini juga menjadi salah satu cara anak untuk belajar mengekspresikan diri dan menemukan jati dirinya.

Anak hiperaktif cenderung sulit menerima informasi melalui bentuk kalimat yang panjang. Anak akan bingung dan frustasi dan justru membahayakkan kondisi anak. Masalah pada anak hiperaktif dikenal juga dengan Attention Deficit Disorder . Anak hiperaktif menunjukkan tenaga untuk melakukan aktivitas sangat besar namun anak hiperaktif mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi, sulit tidur. Anak hiperaktif bisa diakibatkan gangguan pada masa kehamilan akibat ibu stres, alergi, atau akibat komplikasi kehamilan lainnya. Namun anak hiperaktif juga bisa dari keturunan dari keluarga apabila sebelumnya ada anggota keluarga yang juga hiperaktif.

Jika sudah ada niat untuk memiliki anak, maka Anda sebagai orang tua, juga harus siap untuk menjadi guru terbaik, selama hidupnya. Tidak mudah untuk menjadi orang tua, karena dibutuhkan mental yang luar biasa, agar bisa menghasilkan didikan yang baik. Nah, buat para bunda dan ayah, sebelum si kecil lahir ke dunia, mari simak ideas mendidik anak yang benar, sesuai fase pertumbuhannya.

Bacakan buku, minta dia untuk menunjuk dan memberi tahu apa yang dia lihat. Misalnya, minta dia meletakkan cangkirnya di atas meja atau membawakan sepatunya. Ini termasuk menggunakan suara yang sama secara konsisten untuk mengidentifikasi objek, seperti “baba” untuk botol atau “juju” untuk jus. Banyak bayi memiliki satu atau dua kata dan mengerti 25 kata atau lebih.

Termasuk ketika menghadapi anak yang tidak mau mendengarkan nasihat orang tua. Anak pun butuh proses untuk belajar mendengarkan dan menghargai orang lain termasuk orang tua. Dalam hal komunikasi efektif ini, orang tua usahakan untuk menatap pada anak secara langsung agar anak merasa diperhatikan. Jangan berusaha berkomunikasi banyak sambil melakukan hal lain dengan sibuk.

Terapi ABA digunakan untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial, mempelajari kemampuan sosial dan perilaku yang dapat diterima masyarakat. Anak dengan gangguan spektrum autisme juga dilatih bagaimana sebaiknya berinteraksi dengan orang lain, berkomunikasi dan menunjukkan perhatian kepada orang lain. Anak dengan gangguan spektrum autisme yang memiliki masalah perilaku yang sama belum tentu memberikan respons yang sama dengan pemberian obat yang sama. Hal ini dikarenakan adanya ekspresi genetik yang berbeda dan mungkin juga karena anak dalam fase perkembangan yang berbeda.